Alkitab dan Foto Paus Dibakar, Warga Muslim Filipina Kecam Keras Perusakan Gereja di Marawi

Tindakan penodaan terhadap gereja katedral Katolik yang dilakukan oleh orang-orang bersenjata di kota Marawi dikecam keras oleh pemimpin agama dan politik Muslim di Filipina.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Konferensi Ulama Nasional mengatakan bahwa biar diketahui semua bahwa Islam memerintahkan semua umat Islam bahkan dalam perang untuk melindungi tempat ibadah.
Kabar ini diberitakan oleh portal berita UCAN Indonesia.

UCAN Indonesia sendiri adalah portal berita harian yang menyajikan informasi terkini tentang Gereja Indonesia dan dunia.

Layanannya merupakan sari berita Katolik di Indonesia, Asia, dan juga dunia yang disajikan dengan sudut pandang yang lebih hidup.

UCAN Indonesia adalah bagian dari UCA News.

UCA News merupakan kantor berita dan informasi tentang Gereja Katolik di Asia.

Laporannya terfokus pada orang, peristiwa, informasi atau komentar dari atau tentang Gereja di Asia. Area cakupannya adalah semua wilayah Gereja yang termasuk dalam Federasi Konferensi Waligereja Asia (FABC), atau wilayah negara-negara yang secara umum terbagi dalam wilayah Asia Tengah, Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan.

UCAN Indonesia memberitakan bahwa para pemimpin Muslim mengatakan apa yang dilakukan oleh kelompok teroris tersebut tidaklah Islami dan sangat tidak terhormat serta mengabaikan ajaran Islam.

"Mereka tidak mewakili Islam, tapi musuh Islam" begitu bunyi pernyataan yang diterima.

Gubernur dari Daerah Otonom di Mindanao Musli, Mujiv Hataman juga menggambarkan pengeruskan gereja katerdral Katolik di Marawi sebagai tindakan 'tidak manusiawi dan tidak dapat diterima'

Ia mengatakan, para teroris tersebut hanyalah orang munafik yang melemahkan esensi sejati Islam.

Hataman juga menyebutkan orang-orang bersenjata tersebut 'tidak dewasa dan sembrono' karena mengutip Alquran dengan cara yang menyimpan yang sesuai dengan tujuan mereka yang sama jahatnya.

“Orang-orang kafir ini harus dihukum dan dijauhi dari komunitas Muslim karena mereka tidak layak menerima janji-janji Allah dan kesenangan surga,” kata gubernur tersebut.

Selain itu, Hataman juga mengatakan bahwa perbuatan ini adalah tanggung jawab umat Islam untuk mengecam tindakan kelompok bersenjata Muslim yang tindakannya merugikan umat Islam.

Hataman meminta semua Muslim di wilayah itu untuk mencegah teroris membajak dan menghancurkan Islam.

“Kita tidak bisa dan tidak mentoleransi mereka, dan kita harus memastikan bahwa mereka dibawa ke pengadilan,” kata Hataman.

Karena peristiwa ini pun kegiatan doa antar agama terhenti.

Pihak berwenang di kota Iligan menolak untuk mengeluarkan izin kepada kelompok lintas agama yang berencana mengadakan kegiatan doa di luar kota.

Seorang aktivis perdamaian Muslim, Samira Gutoc-Tomawis, mengatakan beberapa kelompok Muslim menyatakan tertarik untuk menghadiri kegiatan itu untuk mendoakan keamanan orang-orang yang mengungsi di Marawi.

Ia bersama kelompokny aingin menyoroti nilai kehidupan dan menambahkan bahwa bagian dari doa mereka adalah untuk keselamatan Pastor Teresito Chito Soganub yang ditawan.

Diketahui, Pastor Teresito Chito Soganub dibawa oleh orang-orang bersenjata yang mengklaim punya hubungan dengan ISIS.

Tak hanya pastor, sekitar 200 orang lainnya juga menjadi sandera saat mereka menduduki kota tersebut pada 23 Mei 2017 silam.

Sebuah video yang marak pada tanggal 5 Juni 2017 menampilkan orang-orang bersenjata tersebut menghancurkan dan menginjak simbol-simbol religius dan juga sebuah salib kayu besar di dalam gereja katedral Katolik Marawi.

Orang-orang bersenjata itu berteriak ‘Allahu akbar’ sambil membakar halaman-halaman Alkitab, foto-foto Paus Fransiskus dan Paus Benediktus XVI, kursi uskup, dan benda-benda keagamaan lainnya.

Gutoc-Tomawis mengatakan “ribuan umat Islam dan Kristen” masih terjebak di kota yang terkepung, yang telah menjadi target serangan udara militer.

Sekitar 235.580 orang dilaporkan terlantar akibat konflik yang sedang berlangsung. (TribunWow.com/Natalia Bulan Retno Palupi)




Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer