Ditantang Luhut “What’s Next”, Begini Jawaban Nyeleneh Menteri Susi

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, memang tidak berhenti memberikan kebanggaan kepada Indonesia. Setelah mendapatkan penghargaan maritim tertinggi di dunia, Peter Benchley Ocean Awards di Washington, Menteri Susi kembali mendapatkan penghargaan Seafood Champion Award dalam acara Seaweb Seafood Summit, yang diselenggarakan di Seattle, Amerika Serikat.

Jika penghargaan Peter Benchley Ocean Awards diberikan atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut, maka penghargaan Seafood Champion Award diberikan karena dinilai sangat berani memberantas praktik penangkapan ikan secara ilegal, tidak dilaporkan, dan tidak diatur (illegal unreported and unregulated fishing) oleh kapal asing dan lokal yang terjadi di Indonesia.

Bahkan untuk penghargaan terakhirnya ini, Menteri Susi juga mendapatkan apresiasi khusus dari aktor yang juga aktivis lingkungan, Leonardo DiCaprio. Bukan hanya Leonardo DiCaprio, Menteri susi juga mendapatkan apresiasi dari Direktur Jenderal Organisasi PBB untuk Pangan dan Pertanian (Food and Agriculture Organization of the United Nations / FAO), Jose Graziano Da Silva.

Keberhasilan Menteri Susi dalam memberantas praktik penangkapan ikan secara ilegal ini ditanggapi sedikit kurang “mengenakkan” oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Luhut bahkan menyebut keberhasilan Menteri Susi ini hanya dengan kata “LUMAYAN BAGUS”. Entah apa maksudnya, tetapi Luhut menantikan gebrakan Menteri Susi yang lebih lagi.

“Kita sekarang pengen melihat mengenai, illegal fishing kan sudah lumayan bagus. Tapi what’s next, itu yang harus kita jawab,” katanya saat menghadiri rapat kerja di Badan Anggaran DPR RI, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

“Ikan kan enggak ada agamanya, enggak ada kebangsaannya. Jadi kalau dia enggak ditangkap, dia pindah ke tempat lain atau dia mati dimakan predator. Jadi harus dibuat. Sekarang saya minta mereka buat perencanaan, target mereka gimana,” sambungnya.

Lalu apa tanggapan Menteri Susi terkait pernyataan Menko Luhut yang sepertinya tidak puas dengan pencapaian Menteri Susi dan bahkan meminta Menteri Susi memikirkan strategi yang lebih lagi bukan hanya sekedar memberantas praktik penangkapan ikan secara ilegal.

Sumber:seword.com





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer