Saran Duterte bolehkan tentara perkosa 3 wanita saat konflik dikecam

Ucapan Presiden Filipina Rodrigo Duterte soal pemerkosaan beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Komisi Hak Asasi Manusia Filipina bahkan mengutuk ucapan Duterte di hadapan tentara di Ilingan City beberapa waktu lalu.

Duterte saat itu menyebutkan para tentaranya boleh memperkosa hingga tiga wanita di daerah darurat militer. Ucapannya ini dituturkan di tengah memanasnya kondisi selatan Filipina.
"Kami mengecam keras pernyataan Presiden Duterte yang menyebutkan tentaranya boleh memperkosa hingga tiga wanita di wilayah darurat militer," tutur Komisi HAM Filipina, seperti dilansir dari laman Asian Correspondent, Senin (29/5).

Tak hanya Komnas HAM Filipina, Direktur Kantor Urusan Publik dan Komunikasi Komunis Jacqueline Ann C de Guia menyebutkan, kasus pemerkosaan tak pernah menjadi lelucon.

"Pemerkosaan tak pernah menjadi lelucon. Kita semua, termasuk pemerintah dan pasukan keamanan malah harus menjalankan peran sebagai pembela hak asasi manusia, terlepas dari keadaan apapun itu," tukasnya.

"Kami mendorong kepatuhan para pemimpin negara ini agar setia pada pedoman baru ditetapkan Kementerian Pertahanan Nasional dan Kepolisian Nasional Filipina mengenai supremasi hukum dan keutamaan hak asasi manusia, terutama selama masa darurat militer," imbuh Jacqueline.

Dia lantas mengungkapkan rasa simpati dan belasungkawa pada korban bentrokan maut di Marawi. Jacqueline berharap pemerintah dan masyarakat bersatu menuju resolusi konflik.

"Semoga kita semua bersatu dalam mencegah korban lebih lanjut dari warga sipil, baik melalui kata-kata atau perbuatan, terutama saat ini ketika Kota Islam Marawi bersama umat Muslim lainnya sedang melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan," pungkasnya.

Sementara itu, Duterte menanggapi kritik ini dengan santai. Tetap pada pendiriannya, dia menyatakan ucapan dilontarkannya pada Jumat lalu sebagai guyonan belaka.





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer