Bagaimana Hukum Pernikahan Pemuda 16 Tahun dengan Nenek 71 Ini? Begini Penjelasannya

Selama Bulan syawal tahun ini telah terjadi peningkatan angka perkawinan. Di Suatu daerah saja ada puluhan orang yang melaksakanan pernikahan.

Hal ini dapat dilihat di sudut-sudut jalan dan lorong-lorong maupun gedung-gedung sudah penuh dengan acara perhikahan.
Pernikahan di bulan Syawal memang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, karena banyak sekeli manfaat menikah di bulan Syawal ini.

Akhir-akhir ini masyarakat telah dihebohkan dengan pernikahan yang tidak lazim terjadi di Indonesia, yaitu pernikahan antara seorang pemuda yang berusia 16 tahun bernama Selamat Riyadi menikahi seorang nenek yang telah berumur 71 tahun bernama Rohaya.

Pernikahan yang memiliki perbedaan umur yang cukup jauh ini menjadi geger karena pasangan ini menikah bukan karena harta, tetapi murni karena cinta.

Hal itu dapat dilihat dari pasangat ini yang sama-sama tidak memiliki harta dan sang istri hanya memiliki rumah yang ia tempati sekarang yang berukuran 4 x 5 meter.

Pernikahan ini sempat menjadi polemik karena usia Selamat Riyadi baru mencapai 16 tahun saat menikahan ibu Rohaya yang usianya terpaut 55 tahun darinya.

Selain itu pernikahan ini dapat menimbulkan masalaha hukum, karena menikah dibawa umur.

Karena berdasarkan hukum di Indonesia yang mengacu pada hukum perkawinan Pasal 7 Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan menyebutkan bahwa perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 29 tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 tahun.

Itu artinya pernikahan Selamat Riyadi dan Rohaya secara jelas melanggar UU No. 1 Tahun1974 tersebutAdalah Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa yang menyatakan kalau pernikahan tersebut telah melanggar Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa ()

"Kalau menikah dengan registrasi administrasi di KUA kok rasanya tidak, karena itu melanggar undang-undang. Kalau laki-laki itu 18 tahun, kalau perempuan 16 tahun," kata Menteri Khofifah, Selasa (4/7/2017).

Khofifah pun merasa heran jika pernikahan ini sah di KUA, karena salah satu persyaratannya adalah KTP dan berusia diatas 17 tahun. Tak hanya itu, Menteri Khofifah menilai bahwa UU tersebut juga tidak relevan dengan kondisi saat ini.

"Saya khawatir ini (nikah) siri, tapi karena terpublish, sepertinya ini sudah sah secara pencatatan. Saya coba mencari tahu, karena pasti kepala KUA tidak akan berani (menikahkan) karena melanggar undang-undang," tukas Mensos.

Kompilasi Hukum Islam (KHI), yang disebarluaskan melalui Inpres No. 1 Tahun 1991 memuat perihal yang kurang lebih sama. Pada pasal 15, KHI menyebutkan bahwa batas usia perkawinan sama seperti pasal 7 UU No. 1 Tahun 1974, namun dengan tambahan alasan: untuk kemaslahatan keluarga dan rumah tangga.

Hukum Islam, dalam hal ini Al Qur`an dan hadits tidak menyebutkan secara spesifik tentang usia minimum untuk menikah.

Persyaratan umum yang lazim dikenal adalah sudah baligh, berakal sehat, mampu membedakan yang baik dengan yang buruk sehingga dapat memberikan persetujuannya untuk menikah. Pasal 16 KHI menyebutkan bahwa: Perkawinan didasarkan atas persetujuan calon mempelai.

Bentuk persetujuan calon mempelai wanita, dapat berupa pernyataan tegas dan nyata dengan tulisan, lisan, atau isyarat, tapi dapat juga berupa diam dalam arti selama tidak ada penolakan yang tegas.

Sama halnya dengan hukum adat. Hukum adat Indonesia, yang berbeda dari satu wilayah dengan wilayah lain, adalah hukum kebiasaan tak tertulis yang tak mengenal pembakuan umur seseorang dianggap layak untuk menikah.

Biasanya seorang anak dinikahkan ketika ia dianggap telah mencapai fase atau peristiwa tertentu dalam kehidupannya. Dan ini seringkali tidak terkait dengan umur tertentu.





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer