Hari Ini Sidang Uji Materiil Perppu Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Ormas

Yusril Ihza Mahendra sebagai kuasa hukum Ismail Yusanto akan menjalani sidang perdana uji materiil Peraturan Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Organisasi Massa di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2017).

Sidang sendiri akan dimulai pukul 10.30 WIB. Dalam sidang ini Yusril Ihza Mahendra mengatakan akan meminta masukan untuk memperbaiki serta menyempurnakan permohonan.
"Sidang hari ini merupakan pendahuluan dengan materi hakim mendengarkan isi permohonan, legal standing, argumentasi pemohon, serta petitum. Pada kesempatan ini saya akan meminta masukan dari panel hakim mengenai legal standing Hizbut Thahrir Indonesia (HTI) setelah dibubarkan oleh pemerintah, pemohon yang punya legal standing adalah badan hukum privat atau publik," terangnya sesaat setelah tiba di Gedung MK.

Yusril yakin MK juga sependapat dengan pihaknya yakni tidak ada unsur kegentingan untuk melahirkan Perppu tersebut.

Ia juga berargumentasi bahwa Perppu itu justru melanggar hak asasi manusia. "Kami juga perlu menjernihkan bagaimana legal standing HTI karena ia merupakan badan hukum sementara saat sidang status hukum telah dicabut. Apakah sekarang HTI masih bisa melanjutkan permohonan ini?"

"Itu lah yang hendak kita perjelas dalam sidang pendahuluan ini," tukasnya.




Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer