Atlet berhijab simbol kedewasaan Indonesia

Pemanah Sri Ranti menorehkan prestasi gemilang dengan menyabet medali emas cabang panahan SEA Games 2017, Kuala Lumpur, Malaysia. Dibalik torehkan membanggakan itu, ada kisah menarik tentang srikandi tanah air tersebut.

Sosok Sri Ranti memang berbeda dibandingkan lawan-lawannya. Ia merupakan atlet berhijab yang tampil di cabang panahan SEA Games tahun ini. Penampilannya mendapatkan respon positif dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar.

"Alhamdulillah... Atlet panahan kita yang berhijab mBak Sri Ranti persembahkan emas pertama Indonesia di #SEAGames2017 #AtletBerhijab," kicau Muhaimin di akun Twitter pribadinya, @cakiminpkb

You might also like:

, namun wanita berhijab itu mampu menampilkan performa apik dengan menyumbangkan medali emas.

Menurut Muhaimin, Sri Ranti merupakan simbol kedewasaan bangsa Indonesia dalam menghadapi perbedaan dan hak asasi keyakinan seseorang yang sakral.

"#AtletBerhijab memang jd pembicaraan hangat di barat juga di sini, sejak @ibtihajmuhammad jadi atlet berhijab pertama AS di Olimpiade Rio," sambungnya.

Ibtihaj Muhammad merupakan atlet anggar asal Amerika Serikat. Ia menjadi pembicaraan ketika sukses meraih medali perunggu usai mengalahkan Italia di Olimpiade Rio 2016. Dia mengatakan bahwa medali yang diraihnya dipersembahkan untuk pemuda AS.

Semangat Ibtihaj menular ke Sri. Bagi Cak Imin, Sri Ranti membuka mata hati kita ttg komitmen seseorang akan keyakinan dan kepercayaan yang asasi dan harus dihormati

"Menjadi muslimah apalagi menjadi #AtletBerhijab berprestasi bukan hal yang sulit dan harus dibuat perbincangan yang gaduh," tegasnya.

Hijab di dunia olahraga

Sri Ranti dan Ibtihaj Muhammad bukan satu-satunya atlet berhijab di dunia olahraga. Para olahragawan yang berasal dari negara-negara Muslim pun tampil memakai penutup kepala ketika bertanding.

Pada Olimpiade 2016 lalu, atlet voli Mesir Doaa Elghobashy memakai hijab. Penampilanya tersebut pun mengundang perhatian. Ia merasa semua penonton memandangnya sangat aneh karena bermain memakai hijab.

Atlet lari jarak pendek Arab Saudi, Kariman Abuljadayel juga mengenakan hijab saat berlomba. Selain itu ada pula Sarah Attar, pelari Saudi. Mereka para Muslimah berhijab yang menoreh prestasi di gelanggang.

Alangkah baiknya prestasi tidak mengorbankan keimanan. Dengan diterima hijab, diharapkan banyak bermunculan atlet-atlet berhijab yang berprestasi di gelanggang olahraga.
Sumber:rimanews.com



Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer