Eva Kusuma Sundari: Ahok Pantas Dapat Grasi, Namun...

Politisi perempuan asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eva Kusuma Sundari menilai mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok pantas dapat grasi dari Presiden yang saat ini dipimpin Joko Widodo.

"Secara teknis, setiap orang berhak mendapat grasi atau pembebasan. Tapi dia harus mengajukan permohonan grasi tersebut kepada Presiden," kata Eva Kusuma Sundari kepada Netralnews.com, di Jakarta, Minggu (27/8/2017).
"Namun, jika Pak Ahok tidak minta grasi, ya nggak bisa," sambung mantan Anggota Komisi Hukum (Komisi III DPR RI) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Menurut Anggota Komisi XI DPR RI itu, bahwa Ahok merupakan korban dari video editan dari Buni Yani.

"Kalau secara material, dia ( Ahok) pantas mendapat pembebasan, karena dia menjadi korban utama jika Buni Yani terbukti bersalah mengedit sengaja dengan motif yang tidak baik," tegas anak buah Megawati Soekarnoputri di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pernah memberikan grasi kepada terpidana Antasari Azhar. Presiden mengabulkan permohonan grasi mantan Ketua KPK itu pada Senin (23/1/2017) yang lalu. Dengan pengabulan permohonan grasi ini maka status hukum Antasari menjadi bebas murni.

Praktisi Hukum dan Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus mengatakan, Presiden Joko Widodo bisa saja menggunakan hak prerogatifnya untuk memberikan grasi atau pengampunan kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Bisa saja Presiden Jokowi menggunakan hak prerogatifnya, memberikan grasi atau pengampunan kepada Ahok, baik berupa perubahan, pengurangan, peringanan masa hukumannya atau penghapusan pelaksanaan hukuman bagi seorang narapidana. Namun, persoalannya sekarang adalah apakah Ahok atau Keluarganya mengajukan permohonan Grasi kepada Presiden Jokowi atau tidak," kata Petrus Selestinus kepada Netralnews.com, di Jakarta, Rabu (23/8/2017).




Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer