Jika Jadi Pindah, Bappenas Pastikan Ibu Kota Negara akan Berada di Luar Jawa

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menyatakan bahwa jika memang ibu kota negara akan dipindahkan, nantinya akan dipastikan berada di luar pulau Jawa.

"Di luar Jawa yang sudah pasti," kata Bambang usai kuliah umum di Kampus ITB, Kota Bandung, dikutip dari Antara, Sabtu (26/8).
Hal tersebut berdasarkan sejumlah proses kajian yang telah dilakukan sebelumnya. Letak geografis juga menjadi salah satu pertimbangan krusial dalam menentukan kota yang tepat untuk menjadi pengganti Jakarta. Akan tetapi, Bambang memastikan ibu kota baru tersebut secara geografis akan berada di tengah Indonesia.

Selain itu, menurutnya, wacana pemindahan ibu kota negara saat ini sudah bukan lagi berbicara masalah tempat, tetapi sudah menyangkut skema pendanaan.

Meski demikian, rencana pemindahan ibu kota tersebut, diakui Bambang, masih dalam proses pembahasan lebih lanjut.

"Kami masih berargumen perlu dipindah atau tidak," katanya lagi.

Oleh karena itu, Bambang pun berharap diskusi dan pembicaraan terkait wacana tersebut dapat menemui titik terang untuk segera diambil keputusan.

"Akhir tahun ini bisa ada sesuatu," katanya lagi.





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer