Kata Aria Bima, yang Sebut Jokowi Diktator karena 10 Tahun Dipimpin Rezim Cengeng

Politisi PDI Perjuangan, Aria Bima menyebut pemerintahan Presiden Joko Widodo jauh dari rezim diktator. Politisi asal Solo ini justru menyebut rezim pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla ini sebagai rezim demokrasi yang kuat.

"Selain tampangnya yang sama sekali tidak mengindikasikan kediktatoran, perlu dicermati perbedaan antara kediktatoran dan rezim yang kuat," ujar Aria Bima di akun Facebook pribadinya, Jumat (11/8).
Aria Bima menjelaskan, dalam pandangan politik konvensional, demokrasi dapat dilihat dari dimensi institusi. Menurutnya, jika terdapat lembaga legislatif, yudikatif, eksekutif dan ada pemilu berkala, maka suatu rezim itu dikatakan demokratis.

Lanjut Aria Bima mengatakan, pendekatan kelembagaan semacan itu mengalami perluasan dalam kacamata kontemporer. Artinya, demokrasi tidak sekedar dilihat dari sisi institusi, tetapi dikembangkan ke arah behaviour atau tingkah laku politik.

"Sebagai contoh bisa dicermati pada Rusia dalam rezim Uni Soviet dan Indonesia dalam 32 tahun rezim orde baru. Institusi demokrasi ada, namun behaviour politik rezim jelas sangat otoriter. Demokrasi hanya sekedar formalitas. Pemilu seolah-olah dilakukan berkala setiap 5 tahun. Proses pembodohan dan pendangkalan rakyat terus berlangsung secara sistematis," imbuh Aria Bima.

Ia kemudian menyentil pihak-pihak yang menyebut pemerintahan Jokowi sebagai rezim diktator, lantaran sudah terbiasa dipimpin selama 10 tahun oleh rezim yang cengeng.

"Rakyat Indonesia terlalu lama 10 tahun dipimpin rezim yang cengeng, begitu ganti rezim yang tegas dan lugas, cenderung berpola reaksioner dan berteriak-teriak tentang diktator," katanya.

"Itu adalah dagelan politik yang tidak lucu. Gagal membedakan antara rezim diktator dan rezim yang kuat atau strong rezim. Itu adalah akibat kelamaan dipimpin rezim yang cengeng dan peragu," imbuh Aria.




Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer