Kota Tua Diobrak-abrik Setelah Ahok Tidak Menjabat Gubernur, Ini Jawaban Mengejutkan Gubernur Djarot

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyinggung soal revitalisasi Kota Tua ketika datang ke pameran di Museum Seni Rupa dan Keramik, tadi malam.

Djarot mengatakan banyak orang yang menyebut kawasan Kota Tua banyak diubah.
"Sekarang banyak orang kritik, saat Pak Ahok enggak ada kok Kota Tua diobrak-abrik? Padahal memang kita obrak-abrik karena kita revitalisasi," ujar Djarot di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jalan Poskota, Rabu (23/8/2017) malam.

Djarot menyinggung bangunan-bangunan di kawasan Kota Tua yang tidak terurus. Dia mengatakan bangunan-bangunan itu bisa diperbaiki tanpa mengubah gaya bangunan aslinya.

Nantinya, bangunan itu boleh digunakan untuk kepentingan komersial oleh pemiliknya, misalnya restoran dan ruang pameran.

Menurut dia, perhatian kepada museum atau cagar budaya tidak perlu selalu bertabrakan dengan kepentingan ekonomi.
Adapun, revitalisasi Kota Tua meliputi kawasan Sunda Kelapa, Waduk Pluit, Muara Baru, dan Pasar Ikan.

Dia mengatakan revitalisasi Kota Tua bisa selesai pada Oktober, sebelum dia melepas masa jabatannya.

Begitu juga dengan revitalisasi Taman Ismail Marzuki dan peresmian 100 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang akan dilakukan Oktober.

Djarot mengatakan semua proyek revitalisasi dan pembangunan ini untuk menjadikan Jakarta kota yang modern, tetapi tetap berbudaya.

Dia menilai budaya lah yang menjadikan sebuah kota memiliki karakter. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat kebijakan membebaskan PBB bangunan cagar budaya kategori A.

"Saya bilang ke Bu Tinia (kepala dinas pariwisata), segera tetapkan bangunan yang masuk cagar budaya kategori A dan untuk bangunan seperti itu kita bebaskan dari PBB. Sebagai insentif dari pemerintah," ujar Djarot.




Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer