Anies Maju Pilpres? Siti Zuhro: Jangan Lompat-lompat Seperti Kutu Loncat

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengomentari wacana majunya Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Menurut Siti, jika kabar tersebut benar, sebaiknya Anies mengurungkan niatnya tersebut. "Jangan (ikut Pilpres 2019). Kita nggak suka yang lompat-lompat kayak kutu loncat gitu, jangan," kata Siti kepada Netralnews.com, Selasa (5/9/2017).
Apalagi, lanjut Siti, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu sempat berjanji saat debat Pilkada DKI beberapa waktu lalu, jika dirinya terpilih, maka ia berkomitmen memegang amanat rakyat untuk memimpin ibukota lima tahun ke depan.

"Itu sudah menjadi janji-janji Mas Anies pada waktu debat cagub-cawagub itu. Dia mengatakan dengan lantang di atas panggung, waktu itu saya juga sebagai panelis mendengarkan bahwa, 'Saya tidak akan meninggalkan DKI Jakarta, akan sesuai nanti dengan periodenya.'," ujarnya.

Karenanya, ia berharap Anies menepati janjinya, sebab apa yang telah disampaikan seperti Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan dengan rakyat ibukota.

"Ya sudah pegang janjinya, jangan tiru yang sudah-sudah. Karena itulah kekuatan Anies-Sandi. Tidak boleh melanggar janji. Tentu itu kesepakatan dengan masyarakat. Itu kan sudah seperti MoU dengan masyarakat, kesannya seperti itu," jelas Siti.

Sebelumnya di debat Pilkada DKI beberapa waktu lalu, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sempat ditanya komitmennya jika terpilih di Pilgub DKI tak akan tergiur menjadi capres-cawapres di 2019.

Saat itu Anies Baswedan menegaskan, jika diberi amanat oleh warga, maka ia berkomitmen menuntaskan kememimpinannya di Jakarta lima tahun ke depan.

“Ketika saya ditunjuk, amanat adalah memimpin Jakarta tuntas 5 tahun, dan membuat Jakarta bersatu dalam ke-bhinneka-an,” ujar Anies di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2017).




Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer