"Borobudur itu Batu, Didemo Apanya?"

Perihal rencana aksi solidaritas terhadap kekerasan Rohingya di Myanmar yang akan dilakukan di candi Borobudur, Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj mengatakan bahwa candi yang ada di Indonesia merupakan kekayaan peradaban nusantara yang harus dijaga dan dihormati.

"Borobudur batu, di demo apanya. Maksudnya gini, yang namanya Borobudur, Prambanan, dan lain-lain candi-candi itu kan kekayaan khazanah peradaban umat nusantara ini. Baik Muslim maupun non-Muslim. Jadi kalau kita memandang Borobudur, jangan memandang agama. Jangan memandang agamanya apa itu, bukan," ujarnya, Selasa (5/9).
"Jadi tidak boleh kebesaran budaya kita diganggu, Borobudur, Prambanan, Masjid Cheng Ho, Klenteng," imbuhnya.

Sementara itu, pihaknya juga menjelaskan jika tanpa adanya aksi demonstrasi oleh masyarakat, pemerintah Indonesia juga sudah memberikan bantuan terhadap warga Rohingya, diantaranya adalah membangun rumah sakit dan sekolah.

Disebutkan bahwa kekerasan yang diterima oleh etnis Rohingya bukan merupakan masalah agama melainkan permasalahan politik.

"Agama campur politik itu salah. Jadi kita memandang kasus di sana itu politik, bukan suku, atau bukan ekonomi," katanya.





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer