Margarito: Anies Mau Jadi Presiden atau Wapres, Itu Hak Dia, Terserah Dia

Anies Baswedan belum resmi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, karena baru akan dilantik pada Oktober 2017 mendatang, tapi namanya telah digadang-gadang akan ikut bertarung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Kabar yang berhembus menyebutkan, Anies berpeluang maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.
Meski pada beberapa kesempatan Anies menyebut akan fokus bersama wakilnya Sandiaga Uno untuk mengemban amanat membangun ibukota, namun menurut pakar hukum tata negara Margarito Kamis, bukan sesuatu yang salah jika akhirnya Anies memutuskan maju di Pilpres 2019.

"Kalau saya sih begini ya, menurut saya itu haknya Anies. Haknya Anies, apakah dia mau jadi presiden atau dia menjadi wakil presiden, itu haknya dia," kata Margarito kepada Netralnews.com, Selasa (5/9/2017).

Lagipula, lanjut Margarito, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 menjamin hak setiap warga negara untuk menjadi presiden dan wakil presiden sebagaimana diatur dalam Pasal 6 UUD 1945.

"Karena Undang-Undang Dasar menjamin itu. Terserah Anies. Kalau andai kata dia punya ekspektasi menjadi presiden, ya tergantung pada dia sendiri dia mau apa nggak," jelas Margarito.

Sebelumnya di debat Pilkada DKI beberapa waktu lalu, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sempat ditanya komitmennya jika terpilih di Pilgub DKI tak akan tergiur menjadi capres-cawapres di 2019.

Saat itu, Anies Baswedan menegaskan, jika diberi amanat oleh warga, maka ia berkomitmen menuntaskan kememimpinannya di Jakarta lima tahun ke depan.

“Ketika saya ditunjuk, amanat adalah memimpin Jakarta tuntas 5 tahun, dan membuat Jakarta bersatu dalam ke-bhinneka-an,” ujar Anies di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2017).




Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer