Unggah Tulisan soal Rohingya, Afi Nihaya Kembali Diduga Plagiat

Konflik berdarah pemerintah Myanmar-komunitas Rohingya turut menjadi bahan pembicaraan utama di Indonesia dalam sepekan terakhir. Bahkan, tak jarang kritik warga Indonesia terhadap konflik itu bertendensi sentimen keagamaan.

Sentimen keagamaan dalam kritik terhadap konflik Rohingya itulah yang turut menjadi perhatian warganet bernama Asa Firda Inayah, atau lebih dikenal dengan nama akun Facebook miliknya, Afi Nihaya Faradisa.
Namun, warganet lainnya menyayangkan karena Afi lagi-lagi diduga melakukan plagiat atas tulisan yang diunggahnya dengan judul “Jangan Impor Konflik Rohingya Ke Sini!”. Dugaan ini bukan kali pertama, karena Afi sebelumnya sedikitnya sudah tiga kali melakukan hal yang sama. Afi juga sudah beberapa kali meminta maaf.

Afi diduga memplagiat tulisan milik Eko Kuntadhi yang juga berjudul sama. Bedanya, Eko mengunggah tulisan itu lebih dulu yakni pada 2 September 2017 pukul 03.09 pagi. Sementara pada hari yang sama, Afi mengunggah tulisan itu pukul 16.27 sore.

Persoalan ini terungkap setelah banyak warganet memberitahukan Eko perihal dugaan plagiat Afi itu di kolom komentar tulisan laki-laki tersebut.


“Artikel ini dijiplak oleh Afi Nihaya Faradisa. Sudah tahu belum?” tulis akun Darwati Utieh. Hal yang sama juga diutarakan akun Wisnu Saputra, “Ini status dibajak sama si Afi, udah tahu belum?”

”Tulisan ini toh yang dibajak si Afi. Mungkin sebentar lagi bakal heboh kasus plagiarisme Afi terhadap Eko,” timpal akun Divaa Sofiana.

Namun, penelusuran Suara.com, Afi tampak sudah menghapus unggahannya yang diduga plagiat tersebut, Selasa (5/9/2017).

Untuk diketahui, militer Myanmar menggelar operasi militer di daerah Rakhine—wilayah komunitas Rohingya—dalam dua pekan terakhir. Itu setelah sekelompok gerilyawan Rohingga menyerang pos polisi dan menewaskan 30 orang.

Sedikitnya 400 orang sipil tewas dalam operasi tersebut. Sementara 38 ribu warga lainnya terpaksa melarikan diri ke arah perbatasan Myanmar-Bangladesh.





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer