Viral, Pidato Jokowi Soal Raisa-Bella Dikuasai Asing, Kok Nama Dodik Disebut-sebut, Ini Sebabnya

Presiden Jokowi dikenal santai, bisa menjabarkan hal-hal yang serius menjadi kocak tetapi mengena.

Hal itu sudah terbukti bahwa dia sosok yang pandai menyampaikan hal yang pelik menjadi sederhana, mudah dimengerti dan mengena. Atau lebih tepatnya tepat sasaran.
Baru-baru ini, mantan Gubernur DKI ini menjadi bahan pidatonya dengan menyelipkan soal Raisa Andrina dan Laudya Cinthya Bella.

Terutama soal, dia disebut-sebut warga net membiarkan Raisa dan Bella dikuasa pihak asing.Presiden Jokowi: Raisa Mana Raisa?, Lalu Raisa pun Dapat Hadiah Sepeda. (Instagram/Tribunnews)

Jokowi pun sempat mengatakan bahwa negara yang bisa kendalikan media, tapi tak bisa medsos. Media 'mainstream' bisa dikendalikan, tapi medsos tak bisa. Hampir semua negara tak bisa kendalikan ini, yang agak jauh Iran menyampaikan kepada saya, medsos lebih buruk karena menyampaikan semuanya di medsos.

Namun menurut Presiden, hal-hal yang jelek-jelek di medsos harus diantisipasi, terutama berkaitan fitnah, berita bohong.

Berikut Beberapa postingan kocak yang membuat Jokowi menjadi Raisa-Bela menjadi bahan pidatonya. Bahkan Parhan presenter top pun memuji cara Jokowi menyentil kreativitas warga net. Juga menyinggung soal Dodik Ikhwanto (21), warga kota Palembang yang menghina ibu negara irina.Raisa, Jokowi dan Laudya Cynthia Bella (Net/Kolase)

Adapun Meme Kocak itu, Bermula dari postingan raneedssim(@mrspersona) di aplikasi chirpstory, di twitter dengan judul begini:

"Ngikik! Raisa dan Laudya Cinthya Bella Jadi Aset Negara 'Dikuasai' Pihak Asing, Netijen Salahkan Presiden."

Sontak postingan ini disambut dengan koment tidak kalah kocaknya:

Alexander alucio @AlexanderGantos:MEME KOCAK...Warganet Sebut Jokowi Gagal Jaga Aset Indonesia Hingga Lepas ke Tangan Asing dlvr.it/Pm4nbt pic.twitter.com/RFlxDLUwH8.

Meme Comic Indonesia:@idmci:Konflik Palestina salah Jokowi Konflik Filipina salah Jokowi Konflik Myanmar salah Jokowi Raisa dikawinin Hamish yg salah jg Jokowi pic.twitter.com/bOXlqVwF0T

@Ahmadmuzalni:Bagaimana ini Pak Jokowi. Aset negara semua dijual ke Asing. Setelah Raisa kini Laudya C Bella. Ya ampun, Via Vallen. #saveviavallen

Gvndvl Enaq @666GUNDUL:Setelah Raisa, kini Laudia Chintya Bella. Apa apaan pak Jokowi ini?! Semoga Nella Kharisma segera dipatenkan.

Anjas MARWAZI @Anjaswisesa_K: @jokowi Pak saya kecewa setelah raisa jatuh ketangan asing sekarang claudia cintia bella yg lepas dr indonesia. Smga tdk ada lg aset bangsa yg lepas

Jadi Viral

Kultwit ini kemudian benar-benar menjadi viral di medsos, karena bukan hanya twitter, tetapi juga akun-akun lainnya.

Hal inipun menjadi perhatian Presiden Jokowi yang menjadikan viral ini sebagai bahan pidatonya di Unpad?

Usut punya usut, Jokowi kemudian menjawab pertanyaan tersebut ketika disampaikan presenter Muhammad Farhan saat bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/9/2017) kemarin.

Memang, Kedatangan Farhan ke Istana sebenarnya adalah dalam rangka meminta wejangan terkait rencananya mengikuti Pemilihan Wali Kota Bandung 2018 mendatang.

Politisi PDI-P ini datang bersama calon wakilnya, Arfi Rafnialdi. Di sela perbicangan serius soal Pilwalkot Bandung, Farhan dan Arfi masih sempat membicarakan hal-hal ringan dengan Presiden.

Salah satunya terkait penyanyi Raisa Andriana yang belum lama ini menikah dengan Hamish Daud, aktor berkebangsaan Australia.

"Kita menanyakan ke Presiden, kenapa aset negara bisa lepas ke tangan asing," kata Farhan kepada wartawan, usai pertemuan dengan Jokowi, seperti dilansir dari kompas.com.

Diceritakan Parhan, akhirnya Presiden menjawab dengan menceritakan ketika memberikan orasi ilmiah dalam peringatan Dies Natalis ke-60 Universitas Padjadjaran di Grha Sanusi Hardjadinata, Dipatiukur, Bandung, Senin (11/9/2017) lalu.

Jokowi menceritakan guyonan warganet itu."Satu dua hari lalu saya banyak dikomplain masyarakat mengenai Raisa. Mereka bilang, satu lagi aset Indonesia lepas ke tangan asing. Setelah saya telusuri memang ternyata suaminya orang Australia," kata Jokowi.

Tidak hanya pernikahan Raisa dan Hamish Daud, pesohor lainya yang dikomplain oleh masyarakat kepada Presiden adalah Laudya Cinthya Bella."Belum saya jawab sudah muncul lagi. Mereka bilang Laudya Cinthya Bella nikah dengan orang Malaysia," ucapnya.

Saat menyampaikan itu, sesekali Jokowi melirik kertas pidato. Artinya kelakar tersebut memang sudah dirancang sejak awal di dalam naskah, bukan muncul secara spontan. Jokowi memang menjadi materi di Sosmed ini sebagai bahan pidato, topik khususnya.

Farhan dan Arfi pun kemudian bertanya kepada Jokowi kenapa memilih menyampaikan guyonan."Kenapa ini jadi materi pidato beliau? Karena Bandung kota kreatif. Tapi kalau kreatifnya benar jadi sesuatu yang seru dan membangkitkan semangat," ucap Farhan.

Parhan mengatakan, kalau Meme soal Raisa dan Bell itu masih dalam tahap wajar dan sebuah kreativitas yang cerdas. Masih sebayas guyonan. Hal itu pun dibenarkan oleh Presiden.

Namun Parhan kemudian menyinggung soal Dodik warga Palembang yang menghina ibu negara. Bahwa kreatif itu tidak benar.
"Tapi kalau kreatif enggak benar, maka akibatnya orang masuk penjara kan kayak yang hina Ibu Negara itu," ujarnya.

Sementara dilansir dari kumparan, Jokowi mengatakan bahwa, negara yang bisa kendalikan media, tapi tak bisa medsos. "Media 'mainstream' bisa dikendalikan, tapi medsos tak bisa. Hampir semua negara tak bisa kendalikan ini, yang agak jauh Iran menyampaikan kepada saya, medsos lebih buruk karena menyampaikan semuanya di medsos, di kita juga sama," ujarnya.

Presiden mengatakan hal-hal yang jelek-jelek di medsos harus diantisipasi, terutama berkaitan fitnah, berita bohong.

Apa Itu Aplikasi ChirpStory?

Bagi anda yang sering kul-tweet di Twitter, kini anda bisa lebih bisa memaksimalkan Twitter sebagai sarana membagi ilmu dan opini yang bisa menjadi pertimbangan banyak pihak, terutama follower anda sendiri. Kini anda dapat mendokumentasikan tweet yang anda lakukan dalam kul-tweet dalam sebuah bentuk yang lebih enak dipandang dan tertata lebih baik. Tool untuk membuat cerita ini disebut ChirpStory.

Sebenarnya tool ini sudah lama ada. Namun baru beberapa waktu terakhir menjadi terkenal, terutama karena banyaknya kul-tweet yang dilakukan pesohor tweet land semacam TrioMacan2000. Sudah sangat banyak sebenarnya kul-tweet yang sudah didokumentasikan dan membentuk sebuah cerita yang tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan yang ditulis via blog. Satu hal yang menarik tentunya, karena keterbatasan 140 karakter, ternyata melahirkan inovasi tool chirpstory yang bisa merangkai tweet demi tweet yang dilakukan oleh pengguna Twitter.

Bagusnya lagi, cerita yang dibuat tersebut tidak dibatasi pembuatnya. Orang yang menjadi follower akun yang melakukan tweet dapat merangkai tweet dalam satu kesatuan dengan menggunakan ChirpStory. Biasanya, yang terjadi adalah follower atau orang yang mengikuti kul-tweet tertentu yang merangkai tweet tersebut. Sepanjang yang saya alami, hampir tidak ada yang melakukan tweet, juga merangkai tweet di ChirpStory.

Dilansir dari kompasiana, Tentu saja sebagai tool third party di Twitter, tool ini tidaklah sempurnya. Pada bagian-bagian tertentu ada kata yang terpotong tidak pada tempatnya. Namun secara keseluruhan, tool ini sangat berguna untuk merangkum tweet yang anda pikir cukup penting untuk didokumentasikan. Jadi semacam blog yang dapat dilihat oleh pengguna Twitter manapun.

Ini Foto-Foto Memek Kocak Soal Raisa dan Bella
Meme Raisa dan Bella (twitter)

Ini Foto Lainnya




Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih ;)

Populer